Pengaruh Musik di Kehidupan Anak Muda

Ket : Pemain musik Tradisional Batak (sumber : youtube)

PLATMERAHNEWS.COM || MEDAN || Pada era ini musik semakin berkembang dan selalu berdampingan dengan manusia di kehidupan sehari-hari, termasuk bagi para kaum anak muda saat ini memiliki minat yang tinggi terhadap musik. Baik musik dengan genre seperti pop, jazz, rap, rock, dan lain-lainnya tentunya memiliki dampak tersendiri terhadap remaja yang mendengarkannya. Ada beberapa dampak positif dan dampak negatif bagi kondisi psikologis seorang remaja yang mendengarkan musik, terlebihnya pada masa remaja adalah masa dimana mereka ingin mencoba segala sesuatu yang dirasa mereka menarik ataupun sedang trend pada masa tersebut.
Sebagaimana kita tahu, musik sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan berkembang secara pesat di seluruh dunia. Dan seiring berjalannya waktu, musik berubah menjadi kebutuhan dan perlahan menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Penelitian membuktikan bahwa musik, sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Seorang remaja yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan remaja yang jarang mendengarkan musik. Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, “Dasar-dasar musik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia.
“Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony”, demikian kata Ev. Andreas Christanday dalam suatu ceramah musik. “Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi ruh”. Musik memang banyak mempengaruhi hidup manusia. Menjadi komoditi bisnis, pengungkapan perasaan atau hanya sebagai hiburan semata. Termasuk kondisi psikologis.

Seni musik tidak terlepas dari proses dalam pembentukan gagasan dalam mengungkapkan rasa dan merupakan aktivitas kreatif. Karena selain berlangsung proses pembentukan gagasan maupun proses ungkap berlangsung pula proses kreatif. Selama berlangsungnya proses kreatif itu, orang juga mengalami kepuasan secara bathin (Bastomi, 1990:12).Ditinjau dari faktor pendorong anak muda dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dalam diri remaja terdiri dari musik sebagai sarana hiburan, eksistensi diri remaja, bakat bermusik remaja, jiwa kreatif remaja, sedangkan faktor eksternal terdiri atas estetika musik Indie, pandangan remaja kepada tokoh musisi Indie, pengaruh lingkungan, pengaruh kemajuan teknologi.Lingkungan membentuk karakter penggemar musik Indie. Mendengarkan lagu band Indie, hal tersebut dilakukan berulang-ulang dengan adanya dukungan lingkungan sekitarnya yang melakukan hal yang serupa. Ini menjadi salah satu faktor kuat yang menentukan dan membentuk karakter anak muda sehingga musik Indie masuk kedalam jiwa, bukan hanya sebagai penghibur diwaktu senggang, tetapi menjadi kebutuhan penggemar untuk menikmati musik secara lebih dalam.

Dari yang kita anak remaja di zaman sekarang ini banyak yang lebih memilih menyukai musik dikarenakan orang yang membawakan musik tersebut. Bahkan beberapa dari mereka rela melakakukan apapun demi membela idola mereka. Tindakan ini membuat bebarapa dari anak muda lain merasa malu dikarenakan perbuatan yang bias dibilang berlebihan ini membuat banyak orang dewasa yang menganggap anak muda zaman sekarang tidak baik. Sebegitu pengaruhnya anak muda zaman sekarang ini diperkembangan musik, sehingga musisi zaman sekarang lebih berfikir keras bagaimana caranya agar karya musik yang mereka buat bias diterima oleh masyarakat.
Dengan musik sebagai sarana pengendalian emosi, seseorang dapat dengan mudah mengekspresikan diri serta perasaannya. Oleh karena itu banyak orang yang mendengarkan musik sebagai alter ego terbaik bagi dirinya. Dan untuk cara ini banyak sekali diterapkan remaja-remaja. Dimana anak muda sering kali mengekspresikan dirinya melalui musik dan menghasilkan karya-karya berkualitas. Yang membuat anak muda sekarang menjadikan pembuatan karya musik dan lain-lain menjadi tempat menunjukkan isi hati mereka.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *