Asal-usul Perkembangan Alat Musik Kulcapi di Kalangan Masyarakyat Karo

Oleh : Mahasiswa Prodi Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara

Narasumber : Bapak Yanto Tarigan Anak dari Perkulcapi ternama di kalangan Masyarakat Karo yaitu, Alm. Bapak Jasa Tarigan.

PLATMERAHNEWS.COM||MEDAN|| Alat musik Kulcapi adalah salah satu  alat musik tradisional suku Karo, yang sering dipakai sebagai pembawa melodi utama. Kulcapi memiliki bentuk menyerupai Gitar, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan terdiri dari dua senar. Kulcapi biasanya dimainkan dengan posisi duduk, sementara posisi tangan kanan memangku ujung alat musik sekaligus jari tangan kanan memegang kuis-kuis, yaitu alat petik yang terbuat dari kayu atau kadang-kadang dari tanduk binatang.

 

  • Asal Usul Kulcapi

Menurut Masyarakat Karo, sejauh ini diketahui bahwa Alat Musik Kulcapi Pertama kali di bawa ke masyarakat karo oleh Padata Surbakti pada tahun (1910-1930). Dahulu, beliau memperkenalkan alat musik Kulcapi sebagai instrumen pengiring dongeng atau cerita rakyat yang berkembang pada masa itu. Lalu pada Tahun (1940-1950) alat Musik Kulcapi ini sempat mulai pudar keberadaannya di kalangan Masyarakat Karo. Selanjutnya, ada lagi seseorang yang turun tangan terhadap perkembangan Kulcapi lalu mengangkat kembali Alat Musik ini yaitu,Tukang Ginting pada tahun (1960-1980). Lalu, beliau mengubah fungsi Kulcapi menjadi instrumen pemanggil arwah/ roh-roh (nini bulang) Atau pun upacara adat atau ritual di masyarakat karo, seperti Erpangir Ku Lau. Hingga pada akhirnya muncul lah seseorang yang ingin mengangkat nama Kulcapi Karo ini bahkan Beliau ingin Anak-anak muda turut ikut mengembangkan Alat Musik Kulcapi ini yaitu, Jasa Tarigan pada tahun (1980-2013) sampai akhir hidup beliau di tahun 2013 tersebut.

Dalam bermain Kulcapi,ada beberapa tehnik dan Instrumen yang terdapat di dalamnya.Asal mula tiap nada yang tercipta didalam Kulcapi ini berasal dari Cerita: Penganjak Kuda Sitajur.

Dalam Cerita tersebut terdapat beberapa irama,dinamika,bahkan tempo. Hingga beberapa Tahun belakangan ini,sudah banyak instrument dan nada yang baru tercipta.Seperti halnya,Perkatimbung beru Tarigan,Musuh suka sitalu Dokan,dan masih ada beberapa lainnya.

Dulunya Senar Kulcapi berasal dari Akar Pohon Enau.Tetapi seiring berjalannya waktu dan zaman,senar Kulcapi diubah dan terbuat dari Baja.Dari senar-senar dan tiap nada di Kulcapi,disebut  Rengget.

Rengget tersebutlah yang dulunya dipercayai bisa mengundang Roh-roh untuk datang berkumpul.

  • Fungsi Kulcapi dalam Masyarakat Karo

Kulcapi dulunya di gunakan dalam upacara adat “Erpangir Ku Lau”. Mengapa?? Dikarenakan alunan dari nada Kulcapi di percaya bisa mengundang roh-roh pada saat upacara berlangsung. Dalam hal ini Kulcapi dimainkan secara bergantian dengan Sarune sebagai alat musik pembawa melodi. Hinggasaat ini,  Kulcapi Tidak hanya Pengiring upacara Erpangir ku Lau atau pemanggil Roh, Tetapi Kulcapi juga di gunakan untuk ngampeken tulan-tulan, gendang guro-guro aron, mbengketi rumah mbaru, bahkanibadah di Gereja, dan masih ada beberapa lagi.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *