Shock dan Trauma, Kadis Kesehatan Taput ” Mangupaupa ” Bidan Desa yang Mendapat Ancaman Cakades yang Kalah di Pilkades 

PLATMERAHNEWS.COM || TAPUT  || Salah satu bidan desa Manalu Dolok yang bertugas di dusun Sisoding mendapat pengancaman dari salah satu kandidat kepala desa yang kalah di perhelatan pilkades serentak yang dilaksanakan 23 November 2021 di desa Manalu dolok. Rabu, 24/11/2021 Kandidat yang kalah dengan beberapa masyarakat mendatangi kediaman bidan desa dan memaksa bidan desa untuk meninggalkan tempat tinggal tersebut. Akibat dari kejadian itu bidan desa merasa Shok dan trauma. Untuk sementara waktu bidan desa tinggal di rumah masyarakat di dusun Lumbantobing desa Manalu Dolok kecamatan Parmonangan.

Mendapat laporan tersebut, Jumat, (26/11/2021) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara Alexander Gultom bersama kepala UPT Puskesmas Parmonangan dr.Donda Purba turun ke rumah warga untuk mangupaupa bidan desa br. Marpaung yang bertugas di dusun Sisoding desa Manalu Dolok kecamatan Parmonangan kabupaten tapanuli Utara.

Mangupaupa adalah tradisi budaya batak yang dilakukan oleh orangtua kepada anak. Tradisi ini sudah diwariskan oleh nenek moyang kita sejak dulu yang dipercaya ritual memohon meminta Sahala(berkat) kepada Oppung Mula Jadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Esa) agar diberikan keselamatan/ sembuhan.

Kepala dinas kesehatan mangupaupa bidan desa tersebut sesuai dengan adat istiadat orang batak dan bertujuan agar rasa takut yang dialami bidan desa tersebut dapat berkurang. Dimana kadis kesehatan merupakan bapak dari nakes yang ada dibawah naungan dinas kesehatan kabupaten Tapanuli utara.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *