Dalam Rangka Menjaga Surplus Neraca Perdagangan, Kemendag Dorong Ekspor Cangkang Sawit ke Jepang

PLATMERAHNEWS.COM || PEKAN BARU || Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional bersama Japan External Trade Organization (JETRO) Jakarta, dan Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit (APCASI) memfasilitasi pertemuan bisnis pelaku usaha cangkang sawit Indonesia dengan pelaku usaha industri biomass dari Jepang. Hasil dari pertemuan yang berlangsung di Pekanbaru (24 – 25/3) tersebut menghasilkan potensi transaksi dagang produk cangkang sawit sebesar USD 12 juta per tahun. Pekanbaru, 25 November 2021

Bacaan Lainnya

“Dalam rangka menjaga surplus neraca perdagangan, pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan produk dan komoditi berpotensi ekspor yang memiliki permintaan dan nilai jual yang tinggi di pasar global, salah satu di antaranya adalah cangkang kelapa sawit,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi di tempat terpisah.

Perdagangan ekspor produk cangkang sawit Indonesia pada Januari – September 2021 telah mencapai USD 286 juta atau meningkat 27,01% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020. Adapun negara tujuan ekspor utama produk cangkang sawit Indonesia yaitu Jepang dengan pangsa sebesar 84,5% dari total ekspor cangkang sawit Indonesia, diikuti oleh Thailand, Singapura, Korea Selatan dan India. Sementara itu pasokan cangkang sawit di Indonesia berasal dari Jambi, Riau, Sumatera Barat, Kalimatan Tengah dan Sumatera Utara.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *