Pentingnya  Sports Massage Dalam Tim Olahraga

Opini : Daeng Supriyanto

 

Cedera otot pada bagian kaki dan tangan seringkali terjadi usai atlet bertanding mulai dari cabor  berlari, berenang, bersepeda, serta beragam jenis olahraga lainnya. Mengatasi sakit terhadap urat ataupun otot yang bergeser tidak dapat ditangani dengan sembarangan.

 

Sport massage merupakan pijat yang biasa dilakukan sebelum, saat, dan usai berolahraga. Pijat khusus olahraga ini sangat dibutuhkan untuk atlet yang memiliki aktivitas fisik tinggi.

 

Sports Massage bertujuan untuk merenggangkan otot, mencegah cedera, dan mempercepat waktu pemulihan.

 

Manfaat lain sports massage diantaranya adalah memberi rangsangan, meningkatkan aktivitas otot, pembuluh darah dan kelenjar yang diatur otot-otot tersebut, mengendurkan dan meregangkan otot serta jaringan-jaringan lunak dalam tubuh, sehingga mengurangi ketegangan otot dan kram

 

 

Setelah pertandingan berakhir, atau sehari setelah berlaga, kaki, tangan atau tubuh atlet  akan terasa seperti tertimpa balok. Bergerak tak enak, bernafas panjang susah. Berjalan pun tak sanggup, apalagi berlari. Ya, lelah, pegal, capek, otot keram memang jadi bagian dari olahraga yang mesti diterima oleh para atlet.

 

Lalu kalau sudah pegal-pegal mau diapakan? Apa yang jadi solusinya?

 

Sebagai analogi lain tentang pijat dan fisioterapi tersebut, bayangkanlah Anda sedang pergi membeli mobil. Apakah Anda hanya melihat satu sisi dari mobil saja, atau juga bagian yang lainnya? Interior mobilnya, struktur mesinnya, ban-nya, dan detail-detail lainnya.

 

Tentu fungsi roda akan berbeda dengan kursi, sementara fungsi knalpot berbeda dengan busi. Jika Anda puas dengan semua fungsinya, maka mobil akan dibeli. Tidak ada seorang pun yang pernah saya jumpai membeli mobil berdasarkan hanya dari satu sisi saja, entah dari roda atau mesinnya saja.

 

Nah, demikian pula dengan sport science dalam sebuah cabang olahraga. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

 

Justru Sports Massage memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam sebuah tim olahraga. Tugas mereka bukan menangani cedera tetapi membantu mengembalikan fungsi otot yang tegang untuk kembali jadi lemas, sesuai dengan fungsi dan jalannya otot itu.

 

Sports Massage, atau tukang pijat, tergantung bagaimana kita mau menyebutnya, mempunyai peranan vital dalam tim.  Sebenarnya, cara yang paling efektif untuk mengatasi otot yang kelelahan, capek, kram, dan pegal adalah dengan merendam tubuh selama minimal 3 menit dalam air es dengan suhu 10 derajat celcius.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *