Tak Senang Proyek Ditinjau, Tiga Wartawan online Bengkalis Diserang Preman Bayaran

Bengkalis/PM, Tindakan kekerasan pada wartawan dalam menjalan tugas jurnalistiknya kembali terjadi. Di Bengkalis Provinsi Riau, tiga wartawan media online pada Minggu (8/8) saat melakukan kunjungan kerja pada Proyek Penahan Gelombang Pulau terluar yang berlokasi di Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan mendapat serangan dengan sebilah parang.

Akibat serangan tersebut satu sepeda motor Revo milik salah seorang wartawan dibacok dan tas sandang yang tergantung di Honda putus talinya.

Pelaku penyerangan bernama Ishak, diduga orang suruhan rekanan dan merupakan warga Desa setempat dan tidak menginginkan pekerjaan yang sedang dikerjakan dipantau oleh wartawan maupun LSM, ada apa dengan proyek ini?

Proyek yang bersumber dari APBN 2021 tersebut dikerjakan oleh rekanan PT. Paku Bangun Jaya dengan nilai kontrak Rp.11.39 milyar dengan Konsultan Pengawas CV. Wandra Cipta Engineering yang beralamat di Pekanbaru.

Kunjungan kerja kali pertama yang dilakukan oleh tiga wartawan Bengkalis ini sebagai bentuk tugas jurnalistik yang tak menginginkan pekerjaan dikerjakan asal jadi seperti hal pada pekerjaan penahan gelombang lainnya, baru beberapa tahun dibangun sudah ada yang rusak. Apalagi informasi yang diterima stakeholder terkait jarang dijumpai dan kurang maksimal dalam menjalan tupoksinya.

Diketahui, pelaku penyerangan wartawan dengan sebilah parang bukanlah pekerja atau orang kepercayaan rekanan maupun Consultan Pengawas dilapangan dan diduga orang suruhan.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari tiga korban wartawan, orang kepercayaan rekanan adalah inisial AS dan juga warga setempat dengan pelaku dan diduga juga sebagai perpanjangan tangan pengawas lapangan. Jika benar demikian sangat membahayakan kontruksi dalam menempatkan seseorang bukan tenaga ahli yang tidak sesuai dalam dokumen yang merupakan satu kesatuan pada Kerangka Acuan Kerja (KAK) tersebut.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *