​Bupati Muara Enim :Sholat Idul Adha Silahkan,Tetapi Patuhi Prokes Covid-19,Berikut Isi Surat Kesepakatan Bersama!

c. Jumlah jamaah salat Idul Adha paling banyak 50% dari kapasitas tempat dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 seperti halnya 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas)

d. Pengurus Masjid atau Panitia Hari Raya Idul Adha pada zona orange, kuning dan hijau, wajib berkoordinasi dengan pemerintah dan satuan tugas penanganan covid-19 serta unsur keamanan setempat untuk mengetahui informasi situasi zonasi dan menyiapkan tenaga pengawas agar standar protokol kesehatan covid-19 dijalankan dengan baik, aman dan terkendali.

e. Pelaksanaan Qurban agar memperhatikan ketentuan sebagai berikut :

1. Untuk menghindari kerumunan warga di lokasi pelaksanaan qurban, maka penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari yaitu tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah 1442 Hijriyah.

2. Pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R). Dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas pemotongan RPH-R pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH-R dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan jumlah panitia pemotongan hewan kurban maksimal 10 orang per ekor sapi dan maksimal 4 orang per ekor kambing termasuk orang yang berkurban.

3. Kegiatan Penyembelihan, pengulitan pencacahan daging dan pendistribusian daging qurban kepada warga masyarakat yang berhak menerima wajib memperhatikan penerapan protokol kesehatan secara ketat, seperti penggunaan alat tidak boleh secara bergantian.

4. Kegiatan pemotongan hewan qurban hanya boleh dilakukan oleh panitia pemotongan hewan qurban dan disaksikan oleh orang yang berkurban.

5. Pendistribusian daging qurban dilakukan langsung oleh panitia kepada warga di tempat tinggalnya masing-masing dengan meminimalkan kontak fisik satu sama lain.

f. Pelanggaran terhadap protokol kesehatan Covid-19 akan ditindaklanjuti oleh Tim Satgas Covid-19 setempat.

III. Keputusan bersama ini berlaku sejak tanggal ditetapkan menjadi panduan panduan bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Demikian keputusan bersama ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Semoga wabah Covid-19 segera berlalu dan kita diberikan perlindungan dan keselamatan oleh Allah SWT. (HAI)

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *