PT Toba Pulp Lestari Sayangkan Aksi Penutupan Akses Jalan Truk Mitra di Silangkitang

PLATMERAHNEWS.COM— Aksi penutupan akses jalan pada jalur logistik yang dilalui oleh truk mitra pengangkut bahan baku PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) di sektor Aek Raja yang dilakukan oleh oknum masyarakat Desa Silangkitang, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (11/3/2021) disayangkan oleh pihak perusahaan.

Hal ini disampaikan oleh Norma Hutajulu selaku Corporate Communications PT TPL melalui siaran persnya. Menurut Norma hal ini dilakukan berkaitan dengan pelarangan dari pihak perusahaan terhadap oknum masyarakat. Larangan dilakukan karena oknum masyarakat berniat atau akan melakukan aktivitas penebangan pohon dari hutan lindung (alam) di wilayah kerja Hutan Tanaman Industri (HTI) perusahaan.

Sekitar pukul 12 malam (11/3/2021) waktu setempat, masyarakat yang tidak menerima larangan tersebut melakukan penutupan akses jalan. Norma mengatakan konsesi PT TPL berada di kawasan hutan negara (register) berfungsi HP (hutan produksi tetap). Perusahaan hanya diberi izin untuk mengusahai atau mengelola dalam batas waktu tertentu, dan bukan memiliki.

Norma juga menerangkan walau perusahaan memiliki izin hanya mengusahai dan bukan memiliki, TPL sebagai pemegang izin juga berkewajiban untuk memastikan konsesinya tidak berubah-peruntukan, termasuk mencegah terjadinya kerusakan akibat perambahan, penyerobotan, pembalakan liar, dan semacamnya. Untuk itu perusahaan memiliki mekanisme kerja melalui sistem keamanan perusahaan yang mewajibkan untuk memeriksa semua kendaraan dan orang yang ingin masuk atau melintas dari kawasan HTI perusahaan.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *