Gubernur Ambil Alih Pemerintahan Kabupaten Muara Enim, Sekda Provinsi Ditunjuk Mengkoordinir

PLATMERAHNEWS.COM, MUARA ENIM (SUMSEL) – Terkait Bupati Muara Enim, H.Juarsah, SH dalam keadaan berhalangan sementara menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala daerah sejak Senin (15/2/2021) petang kemarin, maka malam harinya Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru sebagai wakil pemerintah pusat di daerah langsung mengambil alih pemerintahan Kabupaten Muara Enim dengan segala sesuatu terkait roda pemerintahan dikoordinasikan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, SH, MM.

Gubernur menyampaikan dirinya melalui Nasrun Umar sebagai perpanjang-tanganan Gubernur akan mengkoordinir pemerintahan di Muara Enim hingga ditetapkannya Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur seusai rapat terbatas bersama jajarannya, termasuk juga Plt. Sekda Kabupaten Muara Enim sekaligus Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Emran Tabrani, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, SH,MH, Asisten Administrasi Umum, Ir. Maryana dan juga Kepala BKPSDM Kabupaten Muara Enim, Harson Sunardi, S.AP, M.Si, di Griya Agung, Kota Palembang.

Dijelaskan Gubernur bahwa pengambil alihan ini disebabkan karena di waktu yang sama terjadi kekosongan jabatan Wakil Bupati dan Sekda di Kabupaten Muara Enim sehingga dirinya sebagai wakil pemerintah pusat di daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bertanggungjawab memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Muara Enim tetap berjalan melalui penunjukkan H. Nasrun Umar sebagai perpanjangan tangannya. Untuk selanjutnya Gubernur akan menunggu ketetapan status dari Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) terhadap jabatan Bupati Muara Enim.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *