Universitas Pertamina Gelar SPACE UP: Bangun Ekosistem Riset dan Inovasi

 

“Dengan memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada mahasiswa untuk terlibat dalam riset, inovasi baru akan terus lahir dan berkembang. Mahasiswa juga akan lebih terbiasa dan dekat dengan isu-isu di dunia industri. Sehingga, akan lebih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.”

PLATMERAHNEWS.COM, JAKARTA – Riset dan inovasi merupakan cara untuk membangkitkan daya saing bangsa. Penguatan investasi di bidang riset dan pengembangan, akan meningkatkan kemampuan Indonesia dalam hal inovasi.

Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Koordinasi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Rakornas Iptek) Tahun 2020 mengungkapkan, dana untuk riset di Indonesia hanya mencapai angka 0,25% dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Angka ini jauh tertinggal dari negara maju seperti Amerika Serikat, Tiongkok dan Jepang, yang mencapai 2% dari total PDB.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Nadiem Makarim, dalam Rakornas Kemenristek/BRIN Tahun 2020, mengatakan bahwa bahwa Indonesia membutuhkan SDM untuk melakukan riset. Melalui kebijakan Kampus Merdeka yang digagasnya, Mendikbud menyatakan kesiapan melahirkan para peneliti dan inovator. Menurutnya, penting untuk membangun ekosistem riset di level Perguruan Tinggi. Salah satu caranya, dengan melibatkan para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian.

 

Dalam rangka membangun ekosistem riset di level perguruan tinggi, Universitas Pertamina bersama dengan PT Pertamina (Persero) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Riset dan Karya Ilmiah (Heuri Cosmos) menyelenggarakan kegiatan Scientific Paper Competition (SPACE-UP). Kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini menghadirkan empat kategori lomba, yakni: _Documentary Film Competition, Scientific Paper Competition, Industrial Case Competition_, dan _Scientific Poster Competition_. Tema yang diangkat adalah _”Living with COVID-19 in New Normal Era”_.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *