Okto Pimpin Atlet Nasional Lahap Rute 152 Km, PB ISSI Gelar Latber Nasional Pontianak-Singkawang

PLATMERAHNEWS.COM, Pontianak–Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (Ketum PB ISSI), Raja Sapta Oktohari, memimpin 100 atlet Balap Sepeda Nasional dan Internasional pada Latihan Bersama (Latber) Nasional road to PON XX Papua yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

100 Atlet Sepeda yang melaksanakan Latber road to PON XX Papua bersama komunitas sepeda Kalbar ini, menjajal rute Pontianak-Singkawang, yang berjarak 152,13 KM.

Bacaan Lainnya

“Dilakukan terus dan di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah mengkampanyekan PON XX yang akan berlangsng di Papua pada 2021. Sudah beberapa daerah menjadi tuan rumah. Kini giliran Kota Pontianak di Kalbar. Kita targetkan mencapai jarak 2020 KM dalam kegiatan ini,” tutur Okto.

Dari event ini, lanjut Okto, pihaknya juga sebagai langkah awal untuk membangkitkan kembali prestasi atlet balap sepeda di Bumi Khatulistiwa. Menurutnya, biar bagaimana pun, Provinsi Kalbar, merupakan gudang prestasi balap sepeda zaman dahulu.

Putra dari Tokoh Nasional asal Kalbar, Oesman Sapta Odang (OSO) ini menambahkan, sebagai langkah awal upaya membangkitkan prestasi balap sepeda, PB ISSI akan menyelenggarakan Latber dari Kota Pontianak ke Kota Singkawang.

“Latber ini diikuti atlet nasional, junior, dan atlet Kota Pontianak serta komunitas, untuk Road to PON Papua 2020 yang diselenggarakan pada Tahun 2021, karena adanya pandemi Covid-19,” paparnya.

Okto menyampaikan, dalam rombongan tersebut juga ada atlet nasional maupun internasional bahkan ada yang telah menjadi juara dunia tujuh kali berturut-turut. Semua ini dalam rangka membangkitkan kembali semangat untuk bisa kembali meraih prestasi-prestasi.

“Kita bersyukur ada satu atlet kebanggaan Indonesia menjadi juara di kancah internasional. Pak Gubernur juga bersedia melepas rombongan ini,” ujar Okto.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) ini mengungkapkan dalam pertemuan tersebut juga dilakukan evaluasi dan diskusi yang cukup mendalam. Diharapkan kegiatan tersebut menjadi langkah kecil untuk memuji langkah besar kedepannya.

Dikatakannya jika dahulu prestasi banyak diraih dengan spontan. Akan tetapi untuk sekarang semua harus di desain. Mulai dari atlet, pelatih, wasit, event, venue dan organisasi. Khusus untuk venue menurutnya Gubernur Kalbar memiliki keinginan untuk membangun velodrom.

Sehingga PB ISSI tentunya sangat menyambut baik dan siap untuk berkoordinasi dalam memberikan teknologi terbaru yang bisa menekan harga tapi memaksimalkan kualitas. “Prestasi tidak bisa diraih dalam waktu instan. Melainkan harus dikelola secara baik hingga bisa meraih prestasi,” ungkapnya.

Okto menyampaikan ada hal yang menarik pada saat pandemi Covid-19 sekarang. Ketika pandemi Covid-19 terjadi ternyata ada pandemi bersepeda. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan juga di dunia. Dimana tiba-tiba animo bersepeda menjadi sangat meningkat.

“Kami melihat ini sebagai peluang karena ketika komunitas tumbuh maka akan lahir bibit-bibit prestasi. Mudah-mudahan hal ini bisa terjadi juga di Provinsi Kalbar,” tutur Okto.

Di saat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk di Kalbar, seakan menyadarkan banyak orang tentang pentingnya berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Guna menerapkan gaya hidup sehat, masyarakat banyak memilih bersepeda sebagai alternatif untuk berolahraga. Sehingga bersepeda pun menjadi tren baru saat ini.

“Ada hal yang menarik pada saat pandemi Covid-19 sekarang. Ketika pandemi Covid-19 terjadi, ternyata ada pandemi bersepeda. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan juga di dunia. Bagaimana tiba-tiba animo bersepeda menjadi sangat meningkat. Yang paling terasa dampaknya yakni harga sepeda,” ujarnya.

Dukungan Gubernur

Para atlet nasional dan Internasional menuju Singkawang dari Kota Pontianak pada pukul 05.35 WIB dan dilepas langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, yang didampingi Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Ketum KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar, serta Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari.

Sebelum memulai perjalanan Latber, para atlet diperiksa soal penerapan Protokol Kesehatan dengan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Bang Midji, selaku Gubernur Kalbar mengakui sangat mendukung seluruh kegiatan positif seperti berolahraga seperti sepeda.

“Saya sangat mendukung olahraga sepeda dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, itu yang utama,” katanya usai melepas 100 atlet tersebut di Grand Mahkota Hotel, Sabtu (12/12/2020).

Provinsi Kalbar, menurut Bang Midji, dikenal dengan gudangnya Atlet Balap

Sepeda, bahkan dengan prestasi Nasional hingga International.

“Balap sepeda salah satu Cabor binaan KONI, yang diharapkannya kembali dapat mengulang prestasi kembali seperti yang diraih oleh para atlet sebelumnya,” tutur Bang Midji.

“Semoga kecintaan sepeda terus meningkat di Kalbar dan beberapa kali setahun saya minta Disporapar untuk mengadakan even berskala International agar olahraga ini menjadi olahraga prestasi,” harap Gubernur.

Soalo peningkatan prestasi atlet, senada dengan Okto, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berharap atlet-atlet sepeda Kalbar bisa bangkit kembali untuk berprestasi. Terlebih, kata dia, Kalbar pernah memiliki sejumlah atlet internasional.

“Maka harus dibangkitkan kembali. Sehingga kedepannya saya berharap atlet-atlet yang berprestasi bisa timbul kembali,” harapnya.

Dalam kesempatan itu Midji juga meminta agar Disporapar menjadwalkan event-event baik skala nasional yang dilangsungkan dua sampai tiga kali selama setahun. Hal ini, tegas Midji, untuk membangkitkan gairah sepeda berprestasi di Kalbar.

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *