72.18 F
New York
Juli 13, 2020
Home » Study Tour Tak Harus Dihentikan
Pendidikan

Study Tour Tak Harus Dihentikan

0Shares
Kota Tasikmalaya – Menyikapi keputusan kepala dinas pendidikan kota Tasikmalaya, Bhdiaman Sanusi dan walikota Tasikmalaya, H.Budi Budiman yang melarang melakukan study tour bagi siswa SD, SMP dan SMA dampak dari kasus meninggalnya siswi SMPN 6 Kota Tasikmalaya, Kepala sekolah SDN Galunggung yang juga sebagai ketua K3S kec.Tawang, Nana Hermana SPd,MPd angkat bicara.

Nana mengatakan, bahwa study tour tidak perlu diberhentikan atau dilarang tetapi dicermati dengan pola kerjasama dengan pihak agen travel dan metode subsidi silang.

“Saya kira kita perlu membuat kerjasama lagi yang lebih baik dengan pihak agen travel, tentukan pihak travel mendapat keuntungan dan kita bisa membahas bagi siswa yang terbatas pada masalah keuangan untuk diikutkan dengan cara meminta kouta tambahan tetapi tidak bayar untuk siswa yang terkendala masalah keuangan tersebut,” demikian disampaikan Nana, di ruanganya, Selasa (3/3/2020).

Lanjut Nana, bahwa yang dumaksud subsidi silang yaitu dimana jatah guru bisa dikasihkan kepada peserta didik atau kerjasama dengan pihak travel untuk memberikan bonus kursi kosong yang nantinya diperuntukan dan bisa diisi oleh siswa peserta study tour yang terkendala masalah keuangan.

“Ya kita bisa kurangi kursi jatah guru dengan memberikannya kepada siswa atau pihak travel memberikan kursi kosong tambaham sebagai bonus yang nantinya bisa diisi oleh siswa yang kurang mampu,” imbuhnya.

Nana juga menegaskan, bahwa masalah study tour juga diperlukan deregulasi dari pemerintah kota tasikmalaya yang nanti mengatur tentang study tour.

“Reregulasi tersebut nantinya harus menguntung semua pihak, pihak sekolah dan pihak travel. tetapi semua perlu kajian lagi dari semua pihak yang berkompeten,” tandasnya.
(Deniz Asdhans)

0Shares

Related posts

SMK Wirabuana Gelar MPLS 2019

Lucky Iskandar

SMA Negeri 1 Campaka Teken MoU Dengan Diskominfo Purwakarta

iim

Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta Gandeng Puskesmas Koncara Untuk Kesehatan Santrinya

Lucky Iskandar

Leave a Comment