Sambut Tahun Baru 2020, PTBA Bagikan 8.400 Paket Sembako ke Masyarakat di Ring 1

Nasional22 Views

TANJUNG ENIM (SUMSEL) РTutup tahun 2019 dan sambut tahun baru 2020, PT Bukit Asam Tbk melalui program CSR nya memberikan bantuan sembako kepada ribuan masyarakat yang berada di seputaran ring 1 (satu) perusahaan, yang meliputi Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Muara Enim, serta Kecamatan Merapi Timur dan Barat Kabupaten Lahat, juga dua desa binaan PTBA. Kegiatan tersebut di lakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Baru Tanah Putih, Tanjung Enim,Kabupaten Muara Enim, Rabu (1/1/2020).

Selain masyarakat, sejumlah Pondok Pesantren dan Panti Asuhan juga diberikan bantuan sembako tersebut, sedikitnya ada 8.400 paket sembako yang terdiri dari Beras 10 kg, Susu kental manis cap Bendera Klimer sebanyak dua kaleng, Gula Pasir PSM, dan satu kilo minyak goreng merek Fortune. Dalam satu paket terdiri dari empat item senilai Rp 165.000,- yang dibagikan secara cuma-cuma.

Hadir dalam acara pemberian sembako tersebut, Direktur Keuangan Bukit Asam Mega Satria, General Manajer (GM) Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) ,Suhedi, Ustadz KH Solihin Hasibuan M.Pdi ,pejabat jenjang 1,2 dan 3 PT Bukit Asam Tbk, serta sejumlah pejabat pemerintah setempat, diantaranya Kepala Desa Darmo dan Keban Agung, Bhabinkantimbas Kelurahan Pasar, Bripka Amri dan Ibu-ibu Periska Bukit Asam.

Direktur Keuangan PT Bukit Asam Tbk, Mega Satria mewakili manajemen PTBA mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat di wilayah ring 1 Bukit Asam, mengingat banyaknya wilayah yang akan pihaknya salurkan untuk bantuan paket sembako ini.

“Pada hari ini merupakan hari pertama kita melaksanakan kegiatan bantuan, untuk kemudian beberapa hari kedepan akan diteruskan penyampaian bantuan ke wilayah lainnya. Besar harapan kami dengan adanya bantuan ini tidak hanya mengingatkan kepada masyarakat namun juga untuk makin mempererat hubungan kita dengan bapak ibu sekalian ,masyarakat umum secara luas dan stake holder lainnya,” ucap Mega Satria.

Camat Lawang Kidul, Drs Rachmat Noviar MSi, diwakili oleh Tamiri Tam, atas nama Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen PT Bukit Asam, yang mana pada tahun ini kembali dapat melaksanakan kegiatan peduli kepada masyarakat. Untuk itu ucapan syukur kepada Allah SWT dan kepada manajemen PTBA yang telah dapat melaksanakan kegiatan peduli kepada warga yang membutuhkan.

“Kalau selama ini pembagian Sembako di lakukan di Masjid Jamik PTBA, namun untuk saat ini tengah direnovasi. Diharapkan pada tahun mendatang akan lebih meningkat lagi kualitas maupun kuantitas nilai. Kita juga mendoakan semoga kedepannya dapat melaksanakan kinerja lebih baik lagi dengan capaian yang lebih baik dan lebih banyak lagi, serta untuk menjadikan Tanjung Enim kota Wisata sebagai tujuan di Provisi Sumatera Selatan, mudah-mudahan PTBA semakin jaya kedepannya,” tutupnya.

Syamsuir, Asisten Manager Perencanaan CSR PT Bukit Asam Tbk menjelaskan lebih rinci, dari total 8.400 paket sembako ini tersebar di berbagai wilayah kecamatan.

“Yakni untuk di kecamatan Tanjung Agung ada 1610 paket, Kecamatan Lawang Kidul Tanjung Enim ada 3369 paket, Kecamatan Muara Enim ada 1180 paket, serta Kecamatan Merapi Timur ada 1435 paket dan Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat ada 246 paket,” ujar Syamsuir kepada awak media ini.

Lebih lanjut kata Syamsuir, selain membantu masyarakat di kecamatan PTBA juga membagikan di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan serta beberapa Desa binaan PTBA dengan total ada sekitar 560 paket. Masih kata Syamsuir, untuk data penerima pihaknya meminta data ke pemerintah setempat, dalam hal ini pihak Desa dan Kelurahan,melalui ketua RT/RW/Kadus, lalu setelah data terkumpul barulah pihaknya menyerahkan kupon sembako ke kantor Kelurahan dan Desa setempat.

“Semoga dengan adanya pemberian paket sembako ini, masyarakat dapat ikut merasakan manfaat atas kehadiran PT Bukit Asam di tengah-tengah masyarakat, serta dapat mendoakan agar PTBA tetap bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat kedepannya,” pungkasnya.

Soni Praja (39) salahsatu warga RT 02 Parigi, Kelurahan Pasar Tanjung Enim yang juga menerima kupon paket sembako mengaku senang dan gembira. Karena kata dia, bantuan seperti ini sangat di harapkan dan sedikit bisa membantu ekonomi keluarganya.

“Alhamdulillah, paling tidak bantuan sembako ini bisa kami gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, lumayan kan dapat berat 10 kilo dan lain-lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, sebelum penyaluran ribuan paket sembako tersebut, Penceramah kondang dari kota Palembang, Ustadz KH Solihin Hasibuan juga menyempatkan waktu untuk memberikan Tausiah singkatnya sekaligus doa. Dalam ceramahnya, KH Solihin Hasibuan menerangkan, bagaimana caranya menjadi orang yang bersyukur.

“Bahwa semua yang kita miliki itu bersumber dari Allah Yang Maha Kuasa. Apapun yang kita miliki, ini semua harus yakin bahwa itu adalah bersumber dari Allah Yang Maha Kuasa. Semua yang di langit dan di bumi itu adalah semua dari Allah. Maka jangan lupa setiap pagi dan sore kita diajari oleh Rasulullah berdoa tidak ada yang menimpa diri dan orang lain dari nikmat kecuali bersumber dari segala puji bagi Mu ya Allah, dan hal itulah yang di lakukan oleh manajemen PT Bukit Asam Tbk, sebagai ungkapan rasa syukur ingin berbagi kebahagian bersama masyarakat di sekitar perusahaan,” terangnya. (HAI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *