81.48 F
New York
Agustus 10, 2020
Home » Akibat Longsor, Jalan Penghubung Antar Desa di Kec. Parmonangan Putus
Nasional

Akibat Longsor, Jalan Penghubung Antar Desa di Kec. Parmonangan Putus

0Shares
Taput – Tingginya curah hujan kembali menyebabkan bencana longsor di beberapa titik di Kec. Parmonangan Kab. Tapanuli Utara. Kali ini, longsor menyebabkan jalan poros penghubung antar desa dan jalan utama menuju tarutung di Kecamatan Parmonangan terputus, Selasa (3/12/2019) pukul 21.00 WIB.

Mendengar adanya kejadian tersebut, Camat Parmonangan Jungjungan Silaban, S.sos, Danramil Parmonangan Kapten inf. Alpen Silalahi, Kapolsek Parmonangan, kepala desa manalu dolok, kepala desa manalu, kepala desa hutajulu beserta masyarakat setempat langsung turun ke lokasi longsor.

Danramil Parmonangan langsung mengerahkan seluruh personilnya untuk ikut membersihkan jalan yang terputus akibat longsor.

Danramil menjelaskan, peristiwa itu menyebabkan jalan poros penghubung antar desa tersebut tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Dan Siswa SMA dari desa Hutajulu menuju SMA Parmonangan tidak masuk sekolah dikarenakan akses jalan yang terputus. Petugas bersama warga setempat pun bersama-sama membuat rambu-rambu dan menutup akses jalan agar tidak dilewati oleh pengendara maupun pejalan kaki karena berbahaya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, akses warga dari desa hutajulu menuju ibukota kecamatan Parmonangan menjadi terhambat karena jalan terputus akibat longsor.

Melihat kondisi jalan tersebut yang tidak bisa dibersihkan dengan tenaga personil, Danramil Parmonangan meminta bantuan kepada PT. Toba Pulp Lestari sektor Aek Raja dan pengusaha Sampe Sipahutar menurunkan alat berat untuk membantu membersihkan badan jalan yang terkena longsor.

“Upaya pembersihan material pun berlangsung selama satu hari , kini telah selesai dilakukan oleh warga bersama aparat desa dan Babinsa secara gotong royong. Dan aktifitas masyarakat sudah kembali normal,” terang Danramil.

Danramil juga mengimbau warga di Kec. Parmonangan untuk terus waspada. Sebab curah hujan pada bulan ini masih tinggi.

( Andoky F.W.Manalu )

0Shares

Related posts

Penanganan Sampah Plastik di Indonesia

Lucky Iskandar

Dr. Anang Iskandar, SIK. SH. MH: Tes Urine, Kapolres di Sumsel Jadi Bulan-bulanan

Lucky Iskandar

Warga Kelurahan Bonto Lebang Butuh Perbaikan Jalan

Lucky Iskandar

Leave a Comment