81.39 F
New York
Agustus 4, 2020
Home » Musrenbang Desa Aek Raja Tahun 2019 Jadi Momentum Perencanaan Pembangunan Desa
Ekonomi dan Bisnis Nasional

Musrenbang Desa Aek Raja Tahun 2019 Jadi Momentum Perencanaan Pembangunan Desa

0Shares
Tapanuli Utara – Musrenbangdes atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya.

Bertempat di Aula Desa Aek Raja Kec. Parmonangan pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2019 diselenggarakan untuk Kegiatan Pembangunan Tahun 2020 dan Perencanaan Kegiatan Tahun 2019 yang dihadiri Camat Parmonangan Jungjungan Silaban, S.sos, Babinsa Aek Raja Serka Joksan Manalu, Babinkabthimas Brigadir S. Sibuea, SH, serta berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari Dusun, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat serta unsur lain yang terkait diDesa, serta disaksikan pula perwakilan dari Kecamatan dan Pendamping Desa, Jumat (15/11/2019).

Musrenbangdes ini adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD Aek Raja dan LPM Desa Aek Raja. Dalam kesempatan Musrenbangdes kali ini Kepala Desa Aek Raja Jannes Manalu sekaligus membuka musrembang dan melaksanakan sosialisasi Rencana Pembangunan Desa Aek Raja Tahun Anggaran 2020, sekaligus memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019 yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan yang masuk melalui rekening Kas Desa sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa.

Dalam kesempatan yang sama Camat Parmonangan Jungjungan Silaban, S.sos dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat Desa Aek Raja ikut bekerja sama dalam membangun desa itu sendiri.
Camat Parmonangan juga menyampaikan agar Desa Aek Raja lebih ditata dengan baik terkait taman desa dan kebersihan lingkungan desa, serta kepada perangkat desa agar benar – benar bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat, Bukan hanya duduk tenang dan menerima gaji ” ungkapnya.

Lanjut, Babinsa Aek Raja Serka Joksan Manalu mengajak masyarakat agar mendukung rencana Pemerintah dalam pembangunan desa. Dalam hal itu masyarakat harus mau memberikan lahannya untuk pembangunan di Desa Aek Raja demi kemajuan desa itu sendiri ” jelasnya.

Sementara itu Penetapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan yang rencanannya akan dibiayai oleh APBDES Tahun 2019 yang menjadi dasar RKPDes serta Perencanaan Usulan Tahun 2019 dipaparkan dengan lugas oleh Kepala Desa Aek Raja Jannes Manalu, apa yang disampaikan adalah merupakan rekapitulasi hasil usulan masyarakat dalam Pelaksanaan Musyawarah Dusun yang telah dipilah-pilah sesuai dengan kewenangan, baik yang masuk menjadi Kewenangan Desa dan akan dibiayai dari APBDes (ADD/DD/Banprop/Bantuan Kabupaten) maupun yang akan dibawa kedalam Musrenbang Kecamatan.

Dari usulan-usulan ketiga dusun yang ada di desa Aek Raja lebih memprioritaskan pembangunan jalan.
Sedangkan dari bidang pendidikan mengusulkan tong sampah di sekolah SD Negeri Aek Raja. Dari bidan Desa Aek Raja mengusulkan Baju dinas kader dan lansia.

Diterangkan Kades, “Usulan – usulan ini pastinya tidak semua bisa terlaksana. Bagi masyarakat yang belum terlaksana pembangunan saya berharap agar bersabar,” ujar Jannes Manalu sambil menutup Musrenbang Desa Tahun 2019.(Andoki Manalu)

0Shares

Related posts

Front Mahasiswa Makassar Geruduk Kantor BPJS Tolak Kenaikan Iuran BPJS

Lucky Iskandar

Plt Bupati Muara Enim Hadiri Pelepasan Peserta Magang PT SBS di Aula SMABA

Lucky Iskandar

Pertamina Turunkan Harga BBM Mulai Besok, Ini Penyebabnya!

Lucky Iskandar

Leave a Comment