70.92 F
New York
Mei 28, 2020
Home » Warga Desa Lobusunut Kec. Parmonangan Gelar Musrenbang
Nasional

Warga Desa Lobusunut Kec. Parmonangan Gelar Musrenbang

0Shares
Sumut – Untuk menindaklanjuti Permendagri No 114 Tahun 2014 tentang perencanaan pembangunan desa, warga Desa Lobusunut Parmonangan menggelar Musrenbang Desa Tahun 2019 bertempat di HKBP Gonting desa Lobusunut, Jumat (8/11/2019).

Acara Musrenbang Desa Tahun 2019 tersebut di hadiri oleh Camat Parmonangan Jungjungan Silaban, S.sos, Kepala Desa Lobusunut Monang Manalu, Babhinkabtimas Desa Lobusunut BRIGADIR S.SIBUEA,SH, BPD, Pendamping Desa Kecamatan Parmonangan, PKK Desa Lobusunut, Karang Taruna, para tokoh-tokoh masyarakat, agama, pemuda.

Acara diawali dengan doa dan arahan dari , Kades Lobusunut,
Ketua BPD Desa Lobusunut Amrin Manalu dalam sambutanya mengatakan,
“Sebelum melakukan Musrenbang Desa tentu para Kadus telah membicarakannya di Dusun masing-masing, oleh sebab itu mari melalui Musrembang Desa ini kita mengusulkan untuk di tuangkan dalam RKPDesa, karena usulan-usulan pembangunan inilah yang akan kita kerjakan di tahun 2020 yang akan datang, bagi usulan-usulan pembangunan yang belum terlaksana, saya berharap agar kita bersabar karena mengingat anggaran desa kita. Untuk usulan dari masyarakat diharapkan agar lebih mengutamakan hal yang terpenting,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Camat Parmonangan Jungjungan Silaban, S.Sos menambahkan bahwa Musrenbang Desa yang tiap tahun diadakan ini adalah untuk menampung aspirasi masyarakat melalui masing-masing dusun untuk di bahas melalui Musrembang ini. Camat Parmonangan juga menyampaikan agar masyarakat secara bersama – sama dalam menjalankan program di desa Lobusunut.

Lanjut, pendamping desa bahwa Musrenbang Desa ini adalah musyawarah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat dengan harapan agar penggunaan dana desa dapat di gunakan dengan sebaik-baiknya. Semua desa diharapkan agar segera dibentuk BUMDES, pendaming berharap agar di Desa Lobusunut secepatnya dibentuk BUMDES. Tujuan dibentuknya BUMDES dapat meningkatkan PAD desa.

“Dengan meningkatnya PAD desa dapat juga meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Lobusunut. Karena BUMDES dikelola oleh masyarakat desa itu sendiri,” ungkapnya.

Acara Musrenbang Desa Tahun 2019 dibuka oleh Kades Lobusunut Monang Manalu.

Dari usulan-usulan ketiga dusun yang ada di desa lobusunut lebih memprioritaskan pembangunan jalan.
Sedangkan dari Bidan Desa mengusulkan agar menyediakan makanan tambahan untuk ibu hamil, pengadaan obat hipertensi untuk lansia, dan perhatian khusus pada bayi stunting ( Gizi Buruk ).

“Untuk kedepannya agar BPD mengadakan Musyawarah Desa untuk membahas apa-apa saja yang akan kita lakukan untuk Tahun berjalan, karena tahapan-tahapan Musyawarah adalah Musyawarah Desa, Musyawarah Dusun dan Musrenbang Desa,” ujar Kades.

Diterangkan Kades untuk Kadus agar dalam penyusunan usulan-usulan agar pihak Kadus juga mencantumkan usulan-usulan untuk Sosial Budaya, Ekonomi.

“Untuk modal usaha kita akan bentuk Bumdes, kenapa selama tiga tahun ini tidak di buat Bumdes karena masih terfokus pada infrastruktur jalan agar desa kita tidak terisolir,” terangnya.

Dilanjutkan Kades, “bagi masyarakat yang belum terlaksana pembangunan saya berharap agar bersabar,” ujar Monang Manalu sambil menutup Musrenbang Desa Tahun 2019.( Andoky Manalu )

0Shares

Related posts

8 Tahun Pacaran, Akbar Nikahi Kekasihnya di Kantor Polisi

Lucky Iskandar

Razia Tempat Kost, Satpol PP Purwakarta Amankan 4 Wanita

Lucky Iskandar

SMAN 1 Babakancikao Purwakarta Terapkan OSIS Berbasis IT

Lucky Iskandar

Leave a Comment