70.92 F
New York
Mei 28, 2020
Home » Bupati Lampung Utara Terkena OTT KPK
Hukum/Kriminal Nasional

Bupati Lampung Utara Terkena OTT KPK

0Shares
Lampung – KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Lampung Utara (Lampura) Agung Ilmu Mangkunegara, Minggu (6/10/2019) malam. Hal tersebut dibenarkan juru bicara KPK Febri Diansyah.

“Benar, ada tim yang bertugas di Lampung,” kata Febri Diansyah, Minggu, 6 Oktober 2019 malam.

Setelah lakukan pengecekan informasi dari masyarakat di lapangan, lanjut Febri, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada kepala daerah setempat.

Saat ini, lanjut Febri, KPK telah mengamankan total 4 orang sejak Minggu sore hingga malam.

Empat orang tersebut yakni Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara, dua kepala dinas dan satu orang perantara.

“Barang bukti uang sedang dihitung jumlahnya, diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara,” kata Febri Diansyah.

“Untuk pengamanan awal, tim telah menyegal sejumlah benda dan lokasi,” imbuh Febri Diansyah.

Sebagaimana hukum acara yang berlaku, terus Febri Diansyah, maka KPK akan memroses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Dalam waktu paling lama 24 jam, kata Febri Diansyah, akan ditentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan.

“Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok ke Jakarta,” tandas Febri Diansyah.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini, kata Febri Diansyah, akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK Senin, 7 Oktober 2019.

Segel Ruang Kerja Bupati

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang dihimpun, KPK langsung melakukan penyegelan di salah satu ruangan di Dinas Perdagangan Lampung Utara.

Tak hanya di Dinas Perdagangan Lampung Utara, KPK juga melakukan penyegelan di ruang kerja Bupati Lampura.

Belum diketahui pasti kapan KPK melakukan penyegelan tersebut. Namun, pita KPK tanda ruangan disegel terlihat di kedua tempat tersebut.

Mobil Disegel KPK

Sebelumnya, KPK juga menyegal satu unit mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport dengan nomor polisi BE 1262 BD warna putih, di rumah dinas bupati.

Berdasarkan informasi terbaru yang diterima Tribunlampung.co.id, satu unit mobil yang disegel KPK tersebut milik kerabat dari Bupati Lampung Utara yang tinggal di Bandar Lampung.

Ada 4 unit mobil yang sudah meluncur ke Mapolda Lampung. Mobil pertama merek Land Cruieser berwarna hijau diduga mobil milik Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara. Satu unit mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport dengan nomor polisi BE 1262 BD warna putih, terlihat disegel oleh KPK, Minggu, 6 Oktober 2019 malam.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Lampung Utara Martahan Samosir mengaku belum mengetahuinya. Perihal keramaian yang terjadi di rumah jabatan Bupati Lampung Utara, Martahan Samosir juga mengaku tidak mengetahuinya.

“Saya gak tahu, saya lagi hadiri pengajian di Abung Selatan,” kata Martahan Samosir saat di hubungi via telepon, Minggu 6 Oktober 2019.***

 

0Shares

Related posts

Lukman Niode Wafat, Menpora Zainudin Amali : Selamat Jalan Lucky

Lucky Iskandar

Satgas Citarum Harum Gelar Lomba Sadar Kebersihan dan Kelengkapan KJA

Lucky Iskandar

Dg Sana, Penyandang Disabilitas di Takalar Mampu Membuat Bakul Dari Daun Lontara

Lucky Iskandar

Leave a Comment