63.54 F
New York
Mei 28, 2020
Home » AKNIRA Terancam Tutup?
Pendidikan

AKNIRA Terancam Tutup?

0Shares
Nias Utara – Akademi Komunitas Negeri Nias Utara (AKNIRA) yang sudah beroperasi sejak 2013 yang lalu, merupakan satu-satunya Akademi Negeri yang ada di Kepulauan Nias dan berlokasi di Nias Utara.

Sejak 2013 penyelengaraan AKNIRA dibiayai oleh Kemenristidikti melalui DIPA Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dan setiap tahunnya disubsidi oleh APBD Nias Utara sebesar Rp 2 Millyar.

Berdasarkan Surat Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan Nomor: 455/C4.2.2/KB.02.00/2019 yang ditunjukkan kepada Pimpinan perguruan Tinggi Negeri yang salah satunya adalah Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh,  dalam surat tersebut dikatakan bahwa khusus untuk penyelenggaraan PDD Rintisan Akademi Komunitas tidak lagi didanai oleh Kemenristekdikti pada penerimaan Mahasiswa/i baru tahun 2019/2020.

Penyelenggaraan kegiatan perkuliahan hanya dapat dilakukan oleh Kabupaten/Kota yang bersedia membiayai operasional secara penuh, karena hingga saat ini AKNIRA belum mampu menjadi Satker di bawah kepemimpinan Bupati M. Ingati Nazara.

Sekda Nias Utara Yafeti Nazara saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya Sabtu 03 Agustus 2019 mengatakan, ” Sedang proses kerjasama dengan USU,” ucapnya Singkat.

Lantas, bagaimana nasib AKNIRA selanjutnya?

 

(Anuari Zendrato)

0Shares

Related posts

Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta Gandeng Puskesmas Koncara Untuk Kesehatan Santrinya

Lucky Iskandar

PPDB 2019, Opan Sopian : Semua Anak Harus Ikut Sekolah

Lucky Iskandar

SMK Wira Buana I & II Wisuda 378 Siswa Angkatan ke-IX

Lucky Iskandar

1 comment

Arimanto Harefa Agustus 7, 2019 at 3:40 am

Yes

Reply

Leave a Comment