60.12 F
New York
Mei 25, 2020
Home » Prof Ronnie Higuchi Diundang Bawaslu, Lembaga Survei ‘Ngumpet’ Kemana?
Nasional Politik

Prof Ronnie Higuchi Diundang Bawaslu, Lembaga Survei ‘Ngumpet’ Kemana?

0Shares
Prof Ronnie Higuchi Rusli seorang pakar IT, statistik dan guru besar Universitas Indonesia (UI) memenuhi undangan Bawaslu RI sebagai ahli kesahihan quick count yang dilakukan lembaga-lembaga survei.

Pemanggilan Ronnie tersebut diketahui melalui akun twitter pribadinya pada Kamis (9/5) lalu terkait tantangannya kepada sejumlah lembaga survei yang menayangkan hasil hitung cepatnya di sejumlah stasiun TV.

“Dipanggil Bawaslu untuk memberikan pendapat sebagai ahli tentang kesahian hasil hitung cepat (Quick Count).”

Namun tak satu pun lembaga survei pelaku quick count yang hadir. Tak hanya itu, kata Prof Ronnie, semua anggota Bawaslu dan KPU hanya bisa ‘plonga plongo’ melihat rumus-rumus yang disampaikan dirinya.

Untuk itu, Prof Ronnie merekomendasikan untuk kedepannya agar saat pemilu, baik pilkada, pileg maupun pilpres nanti, para lembaga survei harus membuka ke publik dan juga Bawaslu RI dan KPU terkait aspek-aspek antara lain, sumber pendanaan, perhitungan dan metode sampling, person yang ambil sampling, metode perhitungan quick count, dan post audit penggunaan dana.

“Nah… jadi semua lembaga QC itu memang kaleng-kaleng, nggak bertanggungjawab ke publik. Giliran ditantang sang pakar, semua pada mengkeret takut dan tak berani jawab,” tulis salah satu warganet menanggapi cuitan akun twitter Prof Ronnie Higuchi Rusli.***

0Shares

Related posts

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Bulak Timur Berlangsung Meriah

Lucky Iskandar

Warga Babakancikao Minta Tanggung Jawab PT Adhi Karya Soal Kebocoran Pipa

Lucky Iskandar

Pidato Kebangsaan Capres Prabowo Subianto, Pilpres 2019

iim

Leave a Comment